
Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai, resmi memperkenalkan Ioniq 6 versi facelift, sebuah pembaruan dari model sebelumnya yang pertama kali meluncur pada 2022. Mobil listrik bergaya streamliner ini kini tampil dengan desain lebih halus, proporsi yang diperbaiki, dan sentuhan visual yang membuatnya terlihat semakin ramping dan modern.
"Ioniq 6 sudah berkembang dari sekadar sebuah kendaraan listrik aerodinamis menjadi lineup dengan berbagai macam karakter, tapi masih setia pada konsep desain yang baru ini," kata Simon Loasby, Senior Vice President dan juga Direktur Utama Hyundai Design Center, seperti dilansir dalam siaran pers resmi mereka, Selasa, 8 April 2025.
Hyundai menerapkan filosofi desain 'Pure Flow, Refined' dalam model ini, dengan fokus utama pada keindahan sederhana dan kinerja aerodinamis yang optimal. Gagasan tersebut terwujud melalui bentuk badan kendaraan yang lebih halus, penerangan minimalis, serta tampilan secara keseluruhan yang alami.
Eksterior Makin Perfek, Interiornya Semakin Mewah
Ubahannya paling signifikan tampak di area fascia depan. Kini lampu primer terlihat lebih tipis bersanding dengan gril serta bumber depan yang telah menerima penyesuaian baru, menguatkan aura sporty dan luas berkat komponen horizontal yang semakin dominan.
Pada sektor interiornya, Hyundai telah memperbaiki berbagai aspek seperti setir mobil dan bahan pembuatan pintu. Keseluruhan kabin tampak semakin elegan dan nyaman digunakan, terlebih lagi dengan adanya tombol kontrol pendingin udara yang menjadi lebih besar demi kelancaran operasinya. Bagian tengah kokpit juga dirubah agar bisa memberikan dukungan tambahan bagi sang pengemudi.
Ioniq 6 N Line: Gaya Olahraga dengan Nuansa Agresif
Tak hanya versi facelift reguler, Hyundai juga memperkenalkan Ioniq 6 N Line, varian yang mengusung karakter lebih agresif dari sisi desain. Perbedaan paling kentara hadir lewat bumper depan dan belakang bergaya sayap, aksen bodi samping yang menegaskan kesan ceper, serta dominasi warna hitam pada bagian belakang mobil.
Desain N Line ini mengambil inspirasi dari mobil konsep RN22e Rolling Lab yang telah diluncurkan tahun 2022. Hyundai menambahkan beberapa elemen estetika baru, termasuk sayap atasan berpadu sempurna dengan bentuk belakang bebek dan garis merah di area dasar bemper, semakin mengeraskan citra olahraga khas seri N Line.
Cirri khas desain Hyundai berupa lampu Parametric Pixel dua dimensi masih dipertahankan dan makin memperkuat tampilan futuristis yang seragam melintasi semua model Ioniq.
Spek Teknis: Masih Sedikit Perubahan
Hingga kini, belum ada rincian teknis resmi yang diumumkan untuk versi facelift. Namun, jika merujuk pada spesifikasi yang telah hadir di Indonesia, Ioniq 6 dibekali baterai 77,4 kWh dengan konfigurasi motor ganda (AWD), menghasilkan tenaga hingga 326 PS dan torsi 605 Nm. Jarak tempuhnya mencapai 519 km berdasarkan pengujian WLTP.
Sementara itu, versi RWD yang belum masuk ke pasar Indonesia menggunakan baterai 53 kWh, menghasilkan tenaga 225 PS dan torsi 350 Nm, dengan daya jelajah hingga 429 km.
Untuk versi N murni (tidak sekadar N Line), Hyundai diperkirakan sedang mengembangkan sebuah model dengan spesifikasi mirip Ioniq 5 N, yaitu mesin dual dengan tenaga mencapai 650 PS dan torsi sebesar 770 Nm, ditambah transmisi otomatis simulasi delapan percepatan. Akan tetapi, detail tambahan tentang hal ini kemungkinan besar baru akan dibagikan pada paruh kedua tahun ini.
Hyundai memastikan bahwa Ioniq 6 facelift akan diluncurkan di Korea Selatan pada Juli 2025. Walaupun belum ada konfirmasi pasti tentang ketersediaan di pasaran Indonesia, kemungkinan kedatangannya cukup tinggi karena varian sebelumnya sudah secara resmi tersedia di tanah air.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar