UNDERVOLTAGE DAN OVERVOLTAGE : PENGERTIAN DAN CARA MENGATASI

Relay
Untuk meningkatkan kualitas daya listrik, perlu dilakukan pengurangan berbagai permasalahan yang menyebabkan buruknya kualitas daya listrik. Beberapa dari permasalahan tersebut adalah undervoltage dan overvoltage.

Undervoltage dan Overvoltage termasuk ke dalam long duration variation, dimana waktu kejadiannya adalah lama. Undervoltage adalah turunnya amplitudo tegangan rms dalam waktu yang cukup lama (lebih dari 1 menit). Overvoltage adalah naiknya amplitudo tegangan rms dalam waktu yang cukup lama (lebih dari 1 menit).

Undervoltage dan Overvoltage
Penyebab terjadinya Undervoltage adalah karena pengkawatan pada sistem yang kurang baik dan pembebanan yang berlebih pada sistem (overloaded). Sedang penyebab terjadinya Overvoltage adalah karena seting tap transformator yang kurang sesuai dan pembebanan yang kurang pada sistem (underloaded). Selain itu dapat disebabkan oleh AVR (Automatic Voltage Regulator) yang rusak.

Akibat dari terjadinya Undervoltage dan Overvoltage adalah degradasi pada peralatan elektronik (berkurangnya masa penggunaan alat), dapat merusak belitan rotor, motor cepat panas.

Cara Mengatasi Undervoltage dan Overvoltage
Untuk mengatasi undervoltage dapat digunakan undervoltage relay (UVR). Sedangkan untuk overvoltage dapat digunakan overvoltage relay (OVR).

Under Voltage Relay (UVR)

Sumber Gambar : arduino-info.wikispaces.com

Posting Komentar

0 Komentar