CABANG-CABANG KIMIA

Cabang kimia sanagt luas sehingga pada awalnya dibagi menjadi berbagai bidasng khusus. Namun saat ini terdapat tumpang tindih yang sangat hebat antara berbagai cabang kimia, sama seperti pada bidang ilmu pengetahuan lainnya. Berikut ini adalah beberapa cabang kimia :
  1. kimia analisis: cabang ilmu ini sangat berhunbungan dengan analisis zat. Para kimiawan dibidang ini akan berusaha untuk menemukan zat apa yang terdapat di dalam campuran (analisis kualitatif) atau berapa banyak zat tersebut (analisis kuantitatif). Pada bidang ini banyak menggunkan alat.
  2. Biokimia: cabang ini khususnya pada organisme dan sistem hidup. Para biokimiawan mempelajari reaksi kimia yangterjadi pada organisme di tingkat molekul yaitu tingkat ketika sesuatu terlalu kecil sehingga tidak dapat dilihat secara langsung. Para biokimiawan mempelajari proses seperti pencemaran, metabolisme, reproduksi, pernapasan dan lain-lain. Kadang-kadang sangat sukar membedakan antara biokimiawan dan biologiwan molekul karena keduanya mempelajari sistem kehidupan di tingkat mikroskopik. Namun, Biokimiawan sebenarnya lebih memusatkan perhatian pada reaksi yang terjadi.
  3. Bioteknologi: bidang ini merupakan bidang ilmu yang relatif baru sehingga umumnya digabungkan dengan kimia. Ilmu ini merupakan terapan dari biokimia dan biologi yang melibatkan pembuatan atau modifikasi bahan genetika atau organisme untuk kepentingan tertentu ilmu ini digunkan pada bidang seperti pengklonan dan pembuatan tanaman yang tahan penyakit dan juga memiliki potensi untuk menghilankan penyakit genetika di masa depan.
  4. kimia anorganik: cabang ini berada dalam ilmu yang mempelajari senyawa-senyawa anorganik seperti garam, termasuk mempelajari struktur dan sifat senyawa-senyawa tersebut. secara umum, ilmu ini juga melibatkan studi tentang suatu unsur pada suatu senyawa. Para kimiawan anorganik mungkin akan mengatakan bahwa ilmu ini mempelajari semua unsur kecuali karbon yang mereka tinggalkan bagi para kimiawan anorganik.
  5. Kimia fisika : cabang ini menjelaskan bagaimana dan mengapa sistem kimia mempunyai perilaku tertentu. Kimiawan fisika mempelajari sifat fisika dan perilaku materi dan berusaha untuk mengembangkan model dan teori yang dapat menjelaskan perilaku tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar