PENJELASAN PENGGUNAAN VIRUS DALAM KEHIDUPAN MANUSIA


Penggunaan virus mempunyai 2 sisi yang menguntungkan dan merugikan untuk manusia serta hewan. Ada pula menguntungkan dari virus untuk manusia sebagai berikut :
  1. Virus untuk membuat zat antitoksin.
  2. Virus digunakan sebagai anti bakterial, contohnya pada bakteri pengganggu produk pangan yang telah diawetkan.
  3. Pada pembuatan vaksin, seperti vaksin cacar, vaksin campak, dan vaksin polio.
  4. Virus untuk pembuatan insulin, seperti pada virus penyebab kanker dapat docangkokkan ke gen – gen penghasil hormon insulin ke dalam sel bakteri. Sehingga, ketika sel bakteri bereplikasi maka sekaligus untuk memproduksi insulin.
Meskipun virus mempunyai khasiat yang menguntungkan untuk manusia. Tetapi, virus juga terdapat yang sanggup merugikan manusia. Virus yang merugikan ini, pada biasanya menimbulkan munculnya peradangan penyakit.

Virus yang dapat menimbulkan munculnya peradangan penyakit, dikelompokkan jadi 3. Awal, virus yang menimbulkan penyakit manusia. Virus ini mencakup Influenza virus yang bisa menimbulkan penyakit flu pada manusia.

Setelah itu, Virus Ebola yang bisa menimbulkan penyakit ebola pada manusia. Virus Avian influeza yang bisa menimbulkan virus flu burung. Human Immunodeficiency ataupun HIV yang bisa menimbulkan penyakit AIDS.

Terakhir, Poliavirus ialah virus yang bisa menimbulkan penyakit polio. Tidak hanya menimbulkan penyakit pada manusia, virus pula bisa menimbulkan penyakit pada hewan serta tanaman.

Virus yang bisa menimbulkan penyakit pada tanaman ialah Virus Tungro yang bisa menimbulkan padi jadi kerdil. Setelah itu, Tobacco Mozaic Virus ataupun TMV ialah sesuatu virus yang bisa menimbulkan bercak- bintik mozaik pada daun tembakau.

Tidak hanya itu, Citrus Leprosis Virus ataupun CLV ialah sesuatu virus yang menimbulkan penyakit pada tumbuhan jeruk. Berikutnya, virus yang bisa menimbulkan penyakit pada hewan. Virus– virus tersebut ialah New Castle Disease ataupun NCD ataupun virus tetelo.

Kemudian, Adenovirus ialah virus yang bisa menimbulkan penyakit saluran respirasi pada hewan. Rhabdovirus ialah virus yang menimbulkan penyakit rabies pada kucing, monyet, serta anjing.

Jadi kesimpulan yang kita dapat dari penjelasan sebelumnya, virus dapat menjadi menguntungkan dan merugikan tergantung cara manusia menggunakan virus tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar