MENYADARI BAGAIMANA ANDA BERKOMUNIKASI

Komunikasi adalah memahami pikiran orang lain. Komunikator yang efektif menyampaikan pesan yang diterima sesuai yang diinginkan.

"Praduga dapat menjadi penghalang komunikasi yang efektif"

Ketika Anda berbicara langsung bertatap muka dengan orang lain, perasaan mereka akan menggambarkan seperti bagaimana penampilan dan suara Anda. Otak menginterpretasikan Semua ini berdasarkan pengalaman masa lalu dan pandangan umum. Anda pun juga demikian, anda tidak tahu apa yang dirasakan orang, masa lalu dan nilai mereka. Anda hanya dapat menebak, kecuali Anda mengecek fakta.

Tujuh Langkah meningkatkan pemahaman terhadap orang lain :
  1. Ketika bertemu seseorang untuk yang pertama kalinya, jangan terburu-buru membuat penilaian terhadapnya
  2. Dengarkan orang lain baik-baik dan tariklah terhadap apa yang ia katakana
  3. Jangan terlalu terpengaruh terhadap kesan pertama. Hindari menilai orang dari aksen dan penampilan fisik, atau karena mengingatkan pada seseorang
  4. Ingatlah bahwa orang bersikap lain di situasi lain. Seperti halnya Anda
  5. Hindari bersikap ramah kepada seseorang hanya karena berasal dari satu kota, status social, warna dan sebagainya, dengan Anda
  6. Pertimbangkan posisi positif seseorang, seperti halnya sisi negative
  7. Nilailah seseorang setelah mendengar apa yang dia katakan
Komunikasi lebih baik dari kata-kataRiset menunjukkan bahwa Ketika kita berkomunikasi dengan tatap muka, kurang dari 10% dampak berasal dari kata yang kita ucapkan. Lebih dari 90% dampak ditentukan oleh komunikasi non-verbal, yang mencakup ekspresi wajah, kontak mata, mimic gerak kaki, postur tubuh, pakaian, penampilan dan nada suara.

Jika Anda ingin menjadi Komunikator yang efektif, Anda harus selaras. Artinya bahasa tubuh dan nada suara harus sesuai dengan apa yang Anda katakana. Missal, jika ingin percaya diri, Anda harus kelihatan dan terdengar demikian. Anda harus mengucapkan kata yang tepat, jika menginginkan orang percaya pada Anda.

Memahami bahasa tubuhMemahami bahasa tubuh sangat penting sebab lebih dari 50% dampak pesan kita berasal dari bahasa tubuh. Alasan lainnya, bahasa tubuh sering memberikan lebih banyak informasi dari pada kata-kata yang diucapkan orang.

Sehingga untuk menjadi Komunikator yang efektif, Anda perlu meningkatkan kesadaran terhadap bahasa tubuh orang lain dan diri sendiri. Lebih menyadari perilaku visual diri sendiri membantu Anda memilih perilaku yang mempermudah Anda bersikap dengan orang lain.

Lankah memahami bahasa tubuh seseorang lihatlah apa yang dikerjakan orang pada :
  1. Ekspresi wajah dan gerakan kepala
  2. Gerakan tangan dan jari
  3. Bagian lain tubuh dan kaki

Posting Komentar

0 Komentar