TAHUN CAHAYA

Tahun cahaya adalah cara mengukur jarak. Sebenarnya devinisi aneh karena tahun cahaya membuat kata tahun yang biasanya digunakan untuk satuan waktu. Walaupu begitu, tahun cahaya digunakan untuk mengukur jarak.

Kita biasanya menggunakan ukuran inci / kaki / mil atau cm / m / km untuk mengukur jarak.

Para astronom menggunakan teleskop untuk melihat bintang-bintang, persoalan menjadi lainkarena jaraknya sangat jauh. Sebagai contoh bintang terdekat dari bumi (selain matahari kita) kira-kira 24.000.000.000.000 yang terdekat. Beberapa bintang yang lain bermilyar-milyar kali lebih jauh. Ketika kita berbicara tentang jarak ajuh pasti tak seorang pun ingin menulis atau berbicara tentang angka-angka yang terdiri atas 20 angka karena kita paling suka yang praktis.

Jadi, untuk mengukur jarak yang sangat jauh, seorang menggunakan kesatuan yang disebut tahun cahaya. Cahaya melaju pada kecepatan 186.000 mil per detik (300.000 km perdetik). Tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun atau 186.000 mil perdetik X 60 detik permenit X 60 menit perjam X 24 jam perhari X 365 hari pertahun = 5.865.696.000.000 mil (9.460.800.000.000 km)

Menggunakan satu tahun cahaya sebagai pengukur jarak mempunyai keuntungan yang lain, yaitu membantu menentukan usia. Misalnya, satu bintang jaraknya satu juta tahun cahaya berarti cahaya dari bintang telah berjalan dengan kecepatan cahaya untuk mencapai kita. Untuk itu, cahaya bintang membutuhkan satu juta tahun cahaya untuk sampai kesini dan cahaya yang kita lihat adalah yang diciptakan satu juta tahun yang lalu. Jadi, bintang yang sedang kita lihat pada saat ini adalah bentuk bintang satu tahun yang lalubukan bentuk bintang saat ini. Dengan cara yang sama, kira-kira 8 menit cahaya jauhnya. Jika matahari tiba-tiba meledak pada saat ini, kita tidak akan mengetahuinya selama 8 menit karena itu adalah waktu yang diperlukan sinar ledakan untuk sampai disini.

Nanodetik cahaya adalah jarak yang ditrmpuh cahaya selama sepermilyar detik, yaitu kira-kira satu kaki (30 cm). Radar menggunakan cara ini untuk mengkur berapa jauh suatu benda seperti pesawat. Antena radar dikirimkan getaran radio pendek, kemudian menunggu gema pesawat tersebut atau objek yang lain. Sementara menunggu, radar menguhitung jumlah nanodetik yang lewat. Gelombang radio berjalan pada kecepatan cahaya. Jadi, jumlah nanodetik dibagi 2 memberitahukan unit radar seberapa jauh suatu objek.

Posting Komentar

0 Komentar