PENJELASAN ANTIPARTIKEL

AntiPartikel (Sumber : www.ucl.ac.uk)

Setiap jenis partikel yang diketahui memiliki antipartikel, yang bersifat berlawanan, seperti halnya muatan.

Dalam fisika partikel, setiap jenis partikel memiliki antipartikel terkait dengan massa yang sama tetapi dengan muatan fisik yang berlawanan (seperti muatan listrik). Sebagai contoh, antipartikel elektron adalah antielektron (yang sering disebut positron). Sementara elektron memiliki muatan listrik negatif, positron memiliki muatan listrik positif, dan diproduksi secara alami di beberapa jenis peluruhan radioaktif. Kebalikannya juga benar: antipartikel dari positron adalah elektron.

Beberapa partikel, seperti foton, adalah antipartikel mereka sendiri. Jika tidak, untuk setiap pasangan mitra antipartikel, satu ditetapkan sebagai materi normal (jenis yang kita terbuat dari), dan yang lainnya (biasanya diberi awalan "anti-") sebagai antimateri .

Pasangan partikel-antipartikel dapat memusnahkan satu sama lain, menghasilkan foton; karena muatan partikel dan antipartikel berlawanan, total muatan dikonservasi. Sebagai contoh, positron yang dihasilkan dalam peluruhan radioaktif alami dengan cepat memusnahkan diri mereka dengan elektron, menghasilkan pasangan sinar gamma, sebuah proses yang dieksploitasi dalam positron emission tomography.

Hukum alam sangat simetris terhadap partikel dan antipartikel. Misalnya, antiproton dan positron dapat membentuk atom antihidrogen, yang diyakini memiliki sifat yang sama dengan atom hidrogen. Hal ini mengarah pada pertanyaan mengapa pembentukan materi setelah Big Bang menghasilkan alam semesta yang hampir seluruhnya terdiri dari materi, bukan sebagai campuran materi dan antimateri setengah-setengah. Penemuan pelanggaran Paritas Biaya membantu menjelaskan masalah ini dengan menunjukkan bahwa kesimetrian ini, yang awalnya dianggap sempurna, hanyalah perkiraan.

Karena muatan dilestarikan, tidak mungkin untuk membuat antipartikel tanpa menghancurkan partikel lain dengan muatan yang sama (seperti misalnya kasus ketika antipartikel diproduksi secara alami melalui peluruhan beta atau tabrakan sinar kosmik dengan atmosfer Bumi), atau oleh penciptaan simultan dari kedua partikel dan antipartikelnya, yang dapat terjadi pada akselerator partikel seperti Large Hadron Collider di CERN.

Meskipun partikel dan antipartikel mereka memiliki muatan yang berlawanan, partikel netral listrik tidak perlu identik dengan antipartikel mereka. Neutron, misalnya, terbuat dari quark, antineutron dari antiquarks, dan mereka dapat dibedakan satu sama lain karena neutron dan antineutron memusnahkan satu sama lain setelah kontak. Namun, partikel netral lainnya adalah antipartikel mereka sendiri, seperti foton, boson Z, Ï€ meson, dan graviton hipotetis dan beberapa WIMP hipotetis.

Posting Komentar

0 Komentar