7 SIFAT KOLID : PENGERTIAN

Koloid mempunya sifat-sifat yang khas. Penampilan koloid pada umumnya keruh, tetapi tidak selalu begitu. Beberapa larutan koloid tampak bening dan sukar dibedakan dari larutan sejati.

Macam-macam sifat koloid antara lain :
  1. Gerak brown adalah gerak lurus beraturan (zig-zag) dari partikel koloid dalam medium pendispersinya. Gerak brown ini akibat tabrakan antara partikel koloid dengan medium pendispersinya dari segala arah.
    Karena partikel koloid bergerak melayang terus-menerus, maka koloid sukar menghadap (bersifat stabil). Fenomena gerak brown ini pertama kali diamati oleh Robert pada tahun 1827.
    Gerak Brown menunjukkan kebenaran teori kinetik molekul yang mengatakan bahwa molekul-molekul dalam zat cair senantiasa bergerak. Gearak brown terjadi sebagai akibat tumbukan yang tidak seimbang dari molekul-molekul medium pendispersasi terhadap partikel koloid.
    Dalam suspensi tidak terjadi gerak brown, karena ukuran partikel cukup besar, sehingga menghasilkan tumbukan yang lebih kuat.
    Gerak brown merupakan salah satu faktor yang menstabilkan koloid dapat mengimbangi gaya grafitasi, sehingga tidak mengalami sedimentasi atau pengendapan.
  2. Koloid pelindung adalah sistem koloid yang ditambahkan pada koloid lain, agar diperoleh koloid yang stabil.
    Contoh : gelatin digunakan pada pembuatan es krim untuk mencegah membentukan es yang keras dan kasar.
  3. Dialisis adalah proses penghilangan ion-ion penggangu kestabilan koloid dengan menggunakan selaput semipermeabel. Selaput semipermeabel yaitu selaput yang hanya dapat dilewati oleh ion dan air, tetapi tidak dapat dilewati partikel kolid. Dalam bidang kedokteran, dialisis digunakan dalam prosses cuci darah gagal ginjal. Proses dialisis ini berfungsi untuk menghilangkan urea dari darah.
  4. Adsorpsi koloid
  5. Koagulasi
  6. Efek tyndall
  7. Elektroforesis

Posting Komentar

0 Komentar