KIMIA API : PENJELASAN DAN REAKSI

Apa itu Api? 
Biasanya, api berasal dari reaksi kimia antara oksigen di atmosfer dan beberapa jenis bahan bakar (kayu atau bensin, misalnya). Tentu saja, kayu dan bensin tidak spontan terbakar hanya karena mereka dikelilingi oleh oksigen. Untuk terjadi reaksi pembakaran , Anda harus memanaskan bahan bakar untuk suhu pengapian nya. 

Berikut urutan kejadian dalam khas api di kayu:
Seseorang memanaskan kayu ke temperatur yang sangat tinggi. Panas bisa berasal dari banyak hal yang berbeda, cahaya terfokus, gesekan, petir, sesuatu yang lain yang sudah terbakar, ketika kayu mencapai sekitar 300 derajat Fahrenheit (150 derajat Celsius), panas mengurai beberapa materi selulosa yang membentuk kayu. 
 
Beberapa materi dalam kayu dilepaskan sebagai gas yang mudah menguap. Kita tahu gas ini sebagai asap. Asap adalah senyawa hidrogen, karbon dan oksigen. Sisa material membentuk char, yang hampir murni karbon, dan abu, yang semua mineral yang tidak terbakar di hutan (kalsium, kalium, dan sebagainya). Char adalah apa yang Anda membeli ketika Anda membeli arang. Arang adalah kayu yang telah dipanaskan untuk menghilangkan hampir semua gas yang mudah menguap dan meninggalkan karbon. Itulah sebabnya api arang membakar tanpa asap.
Pembakaran sebenarnya kayu kemudian terjadi dalam dua reaksi yang terpisah: 
  



Ketika gas yang mudah menguap cukup panas (sekitar 500 derajat F (260 derajat C) untuk kayu), molekul senyawa pecah, dan atom bergabung kembali dengan oksigen untuk membentuk air, karbon dioksida dan produk lainnya. Dengan kata lain, mereka terbakar. Karbon di char bergabung dengan oksigen juga, dan ini adalah reaksi yang lebih lambat. Itulah sebabnya arang dalam BBQ bisa tetap panas untuk waktu yang lama. 

Efek samping dari reaksi-reaksi kimia adalah banyaknya panas. Fakta bahwa reaksi kimia dalam api menghasilkan banyak panas baru adalah apa yang mendukung api. Banyak bahan bakar terbakar dalam satu langkah. Bensin adalah contoh yang baik. Panas menguapkan bensin dan semua bahan bakar sebagai gas yang mudah menguap. Tidak ada arang. Manusia juga telah belajar bagaimana untuk mengukur keluarnya bahan bakar dan mengendalikan api. Sebuah lilin adalah alat yang terbakar dan perlahan-lahan menguap serta membakar sumbu. 

Ketika mereka memanas, atom karbon meningkat (serta atom dari bahan lain) memancarkan cahaya. Ini "panas menghasilkan cahaya" efek disebut lampu pijar, dan itu adalah hal yang sama yang menciptakan cahaya dalam bola lampu. Hal inilah yang menyebabkan api terlihat. Warna nyala bervariasi tergantung pada apa yang Anda bakar dan betapa panas itu. Variasi warna dalam dalam api disebabkan oleh suhu yang tidak merata. Biasanya, bagian terpanas dari api - basis - bersinar biru, dan pendingin bagian di atas cahaya oranye atau kuning. Selain memancarkan cahaya, partikel karbon meningkat dapat mengumpulkan pada sekitar permukaan sebagai jelaga. 

Hal yang berbahaya tentang reaksi kimia dalam api adalah kenyataan bahwa mereka mengabadikan diri. Panasnya api itu sendiri membuat bahan bakar pada suhu pengapian, sehingga terus membakar selama ada bahan bakar dan oksigen di sekitarnya. Api memanaskan setiap bahan bakar sekitar sehingga melepaskan gas juga. Ketika api membakar gas, api menyebar. 
Di Bumi, gravitasi menentukan bagaimana api membakar. Semua gas panas dalam nyala jauh lebih panas (dan kurang padat) dari udara di sekitarnya, sehingga mereka bergerak ke atas menuju tekanan rendah. Inilah sebabnya mengapa api biasanya menyebar ke atas, dan itu juga mengapa api selalu "menunjuk" di bagian atas. 

Sumber : science.howstuffworks

Posting Komentar

0 Komentar