PENGERTIAN MACAM CERMIN

Berikut ini macam - macam cermin yang diketahui :

1. Cermin Datar
Pengertian mengenai Bayangan Cermin Datar ialah cermin yg memiliki permukaan datar seperti bentuk garis lurus. Bayangan dari benda yg dibentuk oleh cermin datas akan memiliki ukuran panjang dan lebar yg sama persis dengan benda tersebut. Dengan jarak yg dibentuk diantara benda serta cermin adalah sama dengan jarak antara cermin serta bayangannya.

Contoh Cermin Datar didalam Kehidupan Sehari – Hari adalah cermin rias yg dipakai sehari – hari oleh kalian. Adapun untuk Sifat – Sifat Cermin Datar antara lain :

a. Bayangan bersifat maya
Bayangan pada cermin datar akan berada didalam cermin.

b. Memiliki tinggi yang sama dengan objek
Objek akan tampak sama tingginya dengan bayangan apabila bercermin pada cermin datar.

c. Memiliki ukuran yang sama dengan objek
Ukuran yang dihasilkan oleh bayangan pun akan tampak sama seperti objek aslinya.

d. Bayangan bersifat tegak
Pada seseorang berdiri tegak, maka tubuh pada cermin datar akan tampak terlihat serta tubuhnya tidak terbalik, bagian kepala akan tetap berada pada kepala dan kaki akan tetap pada kaki.

e. Bayangan bersifat terbalik
Pada saat bercermin menggunakan cermin datar, bagian kiri dari objek akan terlihat menjadi bagian kanan dan begitu juga sebaliknya, bagian kanan akan menjadi bagian kiri.

f. Memiliki jarak benda yang sama dgn jarak bayangannya
Apabila objek berada pada jarak yang dekat, maka objek pada cermin juga akan terlihat dekat dan sebaliknya.

2. Cermin Cembung
Bayangan Cermin Cekung adalah jenis cermin yg mempunyai permukaan berbentuk cekung atau lengkungan teratur ke bagian dalam mirip dengan bentuk permukaan bola. Pada bagian tengah cermin akan memiliki jarak yang lebih jauh ke benda dari pada bagian sisi atau tepi cermin. Terdapat sebuah titik imajiner yang menjadi pusat dari kelengkungan cermin tersebut yg mempunyai jarak sama dg setiap titik pada permukaan cermin.

Contoh Penggunaan Cermin Cekung pada Kehidupan Sehari – Hari biasanya digunakan untuk pemantulan lampu kendaraan, agar cahaya yg dihasilkan tampak menyebar atau tidak bertumpu pada satu titik saja. Cermin Cekung sendiri biasa digunakan pula pada senter, dan beberapa tipe lampu sorot yang lainnya. Untuk Sifat – Sifat Cermin Cekung antara lain :
  • Sifat bayangan akan tampak nyata, terbalik, tegak, serta diperkecil apabila objek diletakan lebih besar dari pada titik fokus cermin.
  • Sifat bayangan akan tampak nyata, terbalik, tegak, serta diperkecil apabila objek diletakan diantara titik fokus cermin.
3. Cermin Cekung 
Bayangan Cermin Cembung ialah jenis cermin yg memiliki permukaan dg bentuk melengkung ke luar. Pada bagian tengah cermin akan memiliki jarak lebih dekat ke benda dari pada bagian tepiannya. Pada cermin cembung juga terdapat titik imajiner yg menjadi pusat kelengkungan cermin itu sendiri yg memiliki jarak yg sama dgn setiap titik pada permukaan cermin.

Contoh Cermin Cembung disetiap harinya, biasanya digunakan pada kaca spion kendaraan. Adapun didalam Sifat – Sifat Cermin Cembung antara lain :

a. Sifat bayangan akan tampak maya
Dimana bayangan akan tampak berada didalam cermin.

b. Sifat bayangan tampak tegak 
Bayangan dari objek akan tetap tampak sama seperti objek aslinya.

c. Sifat bayangan diperkecil
Dimana ukuran objek pada cermin akan tampak lebih kecil dari objek aslinya.

Posting Komentar

1 Komentar